Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mencadangkan Data Agar Tetap Aman dan Terhindari dari Virus

Cara mencadangkan data saat pindah ke ponsel baru

Mediakii.my.id - Bagi kebanyakan pengguna smartphone, data penting seperti pesan, kalender, kontak, dan sebagaimana disimpan di dalam cloud.

Namun, ponsel atau tablet Anda mungkin masih memiliki beberapa informasi yang tidak dicadangkan ke cloud, tergantung pada aplikasi yang digunakan dan layanan sinkronisasi/pencadangan yang Anda aktifkan.

Pastikan foto dan video di-backup

Jika Anda menggunakan Google Foto untuk mencadangkan foto dan video yang diambil dengan ponsel atau tablet, Anda harus memastikannya masih melakukannya. Caranya membuka aplikasi Foto, ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas, dan periksa pesan 'Cadangan selesai'. Jika Foto tidak mencadangkan media Anda, ini akan menampilkan pesan 'Cadangan tidak aktif'.

Google mengakhiri pencadangan tanpa batas di Google Foto, jadi jika Anda memiliki banyak media, sebaiknya hapus gambar dan video yang tidak diperlukan sebelum mengaktifkan pencadangan di Google Foto. Misalnya, ponsel dan tablet Samsung menempatkan semua tangkapan layar di direktori Kamera yang dipantau Foto untuk cadangan, ini bisa menghabiskan penyimpanan yang tersedia di akun Anda.

Tentu saja, ada banyak aplikasi pencadangan foto lainnya untuk Android, termasuk OneDrive dan Dropbox. Jika Anda menggunakan salah satunya, masuk ke pengaturan aplikasi dan periksa status sinkronisasi saat ini. Anda juga bisa mengimpor foto secara manual ke dalam aplikasi ini jika Anda hanya menginginkan file atau folder tertentu.

Mencadangkan ke flash drive

Jika Anda memiliki cukup penyimpanan pada flash drive Anda, dan adaptor jika diperlukan (baik Type-C atau microUSB ), Anda cukup menyalin seluruh folder kamera ponsel Anda ke drive. Colokkan drive ke ponsel Anda, lalu gunakan aplikasi File (atau pengelola file pilihan Anda) pada perangkat Anda untuk menyalin folder 'DCIM' di ponsel Anda ke drive. Folder dan jenis file lainnya, seperti folder Unduhan Anda, dapat disalin dengan mudah.

Setiap produsen ponsel memiliki pengelola file yang berbeda, jadi jika Anda tidak dapat mengetahuinya, unduh File oleh Google dari Play Store. Setelah membuka aplikasi, Anda perlu melakukan beberapa hal, yaitu Buka tab 'Jelajahi’, pilih penyimpanan internal Anda.

Setelah itu, temukan folder 'DCIM' dalam daftar dan tahan sampai muncul tanda centang. Lalu ketuk tombol menu di kanan atas dan pilih 'Salin ke’, dan pilih flash drive Anda di daftar. Setelah file disalin, Anda dapat melepaskan flash drive dan mencadangkan foto sesukanya.


Mencadangkan file ke PC

Jika memiliki komputer dengan penyimpanan yang cukup, Anda juga dapat dengan mudah menyambungkan ponsel atau tablet melalui USB. Dan menyalin DCIM (dan/atau folder lain yang diinginkan) dalam beberapa klik.

Caranya hanya pastikan saja ponsel Anda dalam mode MTP (transfer file) dari bayangan pemberitahuan. Dan tidak diatur untuk mengisi daya atau mode koneksi USB lainnya.

Salin kontak dan kalender ke cloud

Saat Anda membuat kontak atau acara kalender, ponsel Anda mungkin memberi Anda opsi untuk menyimpan data di penyimpanan internal ponsel, bukan di cloud. Meskipun itu adalah fitur yang bagus untuk dimiliki, terutama untuk yang sadar privasi, itu juga berarti Anda mungkin telah menyimpan beberapa data penting secara lokal jika Anda tidak memperhatikannya.

Sebelum menghapus atau memindahkannya, Anda harus memeriksa untuk melihat apakah ada kontak atau acara kalender Anda yang tidak dicadangkan ke cloud. Mungkin juga untuk menyimpan sejumlah kontak di kartu SIM ponsel Anda, tapi ini bukan praktik umum lagi, jadi cukup sulit untuk melakukannya secara tidak sengaja.

Proses yang tepat adalah disesuaikan dengan model ponsel, tapi Anda dapat memulai dengan membuka aplikasi Kontak dan mencari menu dengan semua akun Anda. Misalnya, aplikasi Kontak pada ponsel Samsung terbaru menampilkan 'Telepon' di samping akun Samsung dan Google Anda.

Beberapa perangkat memiliki opsi untuk memindahkan kontak Telepon ke akun online, tapi dalam beberapa kasus, Anda harus mengekspor file (biasanya dapat diakses melalui tombol Bagikan) dan mengimpornya menggunakan Google Kontak di web .

Proses pemeriksaan kalender yang disimpan secara lokal sebagian besar sama. Cukup buka aplikasi Kalender Anda dan cari kalender yang tidak tertaut ke akun mana pun. Biasanya disebut 'Telepon' atau 'Kalender saya'.

Namun, sebagian besar aplikasi kalender seluler tidak memberi Anda cara mudah untuk mengekspor kalender. Cara terbaik untuk melakukannya dengan menginstalnya dari Play Store kemudian buka, pilih kalender ponsel Anda, dan ketuk tombol 'Ekspor'.

Langkah Ini akan memberi Anda file kalender.ics, yang dapat Anda impor ke Google Kalender, Outlook, atau layanan cloud lainnya.

Hapus akun online dan nonaktifkan perlindungan perangkat

Jika Anda menjual ponsel Anda, atau memberikannya kepada orang lain, Anda harus keluar dari semua akun Google Anda dan menghapus kata sandi layar kunci. Android mengenalkan fitur yang disebut 'Perlindungan Perangkat' pada tahun 2015, yang mengharuskan Anda memasukkan sandi akun Google terakhir yang digunakan pada perangkat.

Namun, Google mengatakan bahwa Perlindungan Perangkat seharusnya tidak memicu pemeriksaan kata sandi setelah pengaturan ulang pabrik pada sebagian besar ponsel. Tapi memindahkan kembali akun Google dan layar kunci Anda sebelum mengatur ulang adalah satu-satunya cara untuk menjamin itu tidak akan terjadi.

Untuk menonaktifkan Perlindungan Perangkat, pertama-tama Anda harus keluar dari semua akun Google Anda. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda, buka bagian Akun, dan ketuk 'Hapus akun' di bawah setiap akun.

Setelah Anda selesai melakukannya, nonaktifkan kata sandi layar kunci atau apa pun yang mungkin Anda miliki. Ini dapat dilakukan dari bagian Keamanan pada aplikasi Pengaturan.

Post a Comment for "Tips Cara Mencadangkan Data Agar Tetap Aman dan Terhindari dari Virus"