Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Registrasi Ujian Ulang SUO Universitas Terbuka

Untuk memperbiaki nilai mata kuliah mahasiswa universitas terbuka bisa mengikuti ujian ulang, ujian ulang ini terdiri dari ujian online dan ujian tertulis.

Untuk pelaksanaannya ujian online dilaksanakan di UPBJJ UT sedangkan ujian tertulis dilaksanakan seperti ujian akhir semester.


Lalu bagaiamana cara mendaftar Ujian Ulang tertulis atau online? Apakah kita harus datang ke UPBJJ UT?

Registrasi Ujian Ulang Online atau SUO bagi mahasiswa UT saat ini bisa dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa tanpa harus datang ke Pokjar UT atau ke kantor UPBJJ UT.

Bagi mahasiswa UT yang sudah mengecek nilai ujiannya dan ingin memperbaiki nilai yang masih kecil bisa mengikuti her atau ujian online ulang (suo)

Jika kamu belum tau cara cek daftar nilai ujian UT silahkan lihat postingan kami di cara cek daftar nilai ujian ut menggunakan HP. Jika kamu sudah bisa cek daftar nilai ujian UT secara mandiri tentu kamu tidak lagi harus datang ke kantor UPBJJ UT untuk meminta print out daftar nilai.

Lalu bagaimana cara untuk daftar suo tanpa harus datang ke kantor UT? Berikut panduannya

1. Buka https://sia.ut.ac.id/


Langkah pertama untuk mendaftar suo atau ujian online kamu harus login ke akun mahasiswa di sia.ut.ac.id

Silahkan login menggunakan username dan password akun mahasiswa

2. Pilih Menu Registrasi


Setelah kamu berhasil login di akun sia ut, silahkan pilih menu registrasi kemudian pilih menu ujian online (UO).

Pada menu ujian online ini terdapat dua submenu yaitu Registrasi UO dan Pasword Ujian Online, kamu langsung saja pilih menu registrasi UO

3. Isi Formulir Ujian Online


Langkah selanjutnya kamu harus mengisi formulir ujian online, pada menu ini silahkan isi data yang sesuai dengan UPBJJ UT kamu, berikut formulir yang harus di isi

Jenis Ujian, pada form jenis ujian ini silahkan pilih ujian online ulang


UPBJJ, pada form ini silahkan pilih alamat UPBJJ yang sesuai dengan tempat kamu kuliah

Lokasi Ujian, selanjutnya silahkan pilih lokasi Ujian. Pada lokasi ini silahkan sesuaikan dengan tempat UPBJJ kamu.

Setelah semua formulir kamu isi sesuai silahkan klik menu proses.

4. Pilih Mata Kuliah


Setelah kamu mengklik proses maka akan tampil jadwal ujian online yang tersedia, silahkan di lihat jadwal dan sesi ujian online atau suo yang tersedia.



Kemudian kamu langsung pilih mata kuliah yang ingin kamu perbaiki,

5. Pilih Sesi Ujian


Selanjutnya setelah kamu memilih mata kuliah, silahkan pilih sesi ujian yang tersedia, pada sesi ini biasanya tersedia 3 sesi. Silahkan di pilih satu persatu, jika kuota masih tersedia maka kamu bisa mendaftarkan ujian online ulang.

6. Simpan


Terakhir jika kamu sudah mendaftarkan mata kuliah dan memilih sesi ujian, silahkan klik simpan. Dan billing registrasi ujian online akan muncul.

Demikian cara daftar ujian online atau suo secara mandiri menggunakan HP atau laptop, semoga bermanfaat.

Cara Daftar Ujian Ulang (HER) UT


Untuk memperbaiki hasil nilai ujian universitas terbuka mahasiswa UT bisa melakukannya dengan dua cara yaitu mengikuti ujian ulang atau HER dan mengikuti ujian online ulang atau SUO.

Kshusus pada postingan ini kita akan membahas cara daftar ujian ulang atau HER UT, jika kamu ingin belajar mendaftar ujian online ulang atau suo silahkan lihat pada postingan kami di Cara Daftar SUO UT.

Perlu diketahui bahwa ujian ulang atau her ini dilaksanakan serentak dengan ujian semester UT. Berbeda dengan suo atau ujian online yang pelaksanaannya lebih dulu dilaksanakan.

Baik langsung saja kita masuk ke pembahasan pendafataran ujian ulang UT berikut

1. Buka sia.ut.ac.id


Langkah pertama untuk mendaftar her atau ujian ulang ini kamu harus login ke situs sia ut, silahkan login menggunakan akun mahasiswa yang telah kamu daftarkan.

2. Pilih Menu Registrasi


Selanjutnya setelah login di sia.ut.ac.id langsung saja pilih menu registrasi, kemudian pilih lagi menu registrasi mata kuliah, kemudian silahkan klik cari.

3. Tambah Mata Kuliah Ujian Ulang


Selanjutnya untuk mendaftar her atau ujian ulang ini kamu harus memilih dulu nilai yang ingin kamu perbaiki, setelah kamu mengklik cari tadi maka akan tampil menu seperti gambar dibawah ini

Pada bagian ini kamu langsung saja klik tombol Tambah Mata Kuliah Ujul yang berwarna Hijau, setelah itu seluruh mata kuliah akan muncul, silahkan kamu klik pada kolom pilih pada mata kuliah yang ingin di daftarkan ujian ulang atau her.

Jadi sebelum kamu mendaftar ujian ulang ini, ada baiknya kamu cek dulu postingan kami tentang cara melihat nilai UT secara keseluruhan. Untuk melihat nilai mana yang ingin kamu perbaiki. Setelah memilih mata kuliah tersebut silahkan klik menu simpan biling ujul.

4. Cetak Billing HER


Terakhir silahkan cetak biling her atau ujian ulang yang sudah kamu dafatrakan, dengan cara klik tombol cetak yang tersedia di samping kanan.


Demikian cara daftar her atau ujian ulang universitas terbuka, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Registrasi Ujian Ulang SUO Universitas Terbuka"